Farmakita.com

Server yang kuat merupakan kebutuhan utama dalam menjalankan bisnis di bidang internet, apalagi jika mempunyai aplikasi yang mempunyai lalu lintas yang tinggi.

Sekarang saya memegang 6 proyek website dengan lalu lintas yang lumayan padat setiap harinya. Malah sering terjadi crash server jika tidak mampu menangani lalu lintas yang banyak. Saya hanya menggunakan VPS server saja untuk setiap website, namun sepertinya ini tidak cukup untuk kapasitas sekarang. Tapi terkadang semua statistik terasa lega jika tidak mendapatkan lalu lintas jadi ini alasan saya mengapa belum mengupgrade server ke yang lebih tinggi.

Sebelumnya saya sudah menutup untuk sementara layanan komunitas StoriesMe.com yang dikakrenakan beberapa hal. Yang pertama adalah masalah kekurangan pekerja, kemudian kedua adalah masalah server. Karena itu sidah saya tutup sementara, mesipun berdatangan email yang masuk untuk feedback.

Proyek Seperti Anak Tiri

Namun ada yang lebih parah lagi, yaitu Farmakita.com yang satu ini tidak jelas nasibnya. Ditutup enggak, online enggak. jadi mayat online aja. hahaha. Projeknya memang baru setengah jadi dan belum dupublikasikan dan di launching. Baru dalam masa tahap test di kalangan teman dan kenalan saja.

Layanan yang diberikan adalah direktori obat, dan sebagai portal komunitas Farmasi. Baik yang sudah bekerja, maupun yang masih sekolah. namun nasib website ini seperti anak tiri bagi saat waktu sekarang.

Tapi sepertinya memang proyek ini akan masih lama tersimpan mengingat para apotekernya yang pada sibuk :D.

Pindah Engine

Pada awalnya Farmakita berjalan dengan menggunakan mesin open source produk Automatic, Inc. yang sangat populer untuk blogging dan membangun aplikasi yang bisa sangat memuaskan. Bagi anda yang ingin mencobanya silahkan download diWordPress.org. Namun, sekarang pindah mesin dan baru saja selesai memindahkan semua konten ke Blogger.com.

Alasan saya sederhana sekali memindahkan ke platform Blogger karena agar lebih mudah terindeks oleh orangtuanya Blogger, Yaitu si mbah Google. Memang dengan menggunakan WordPress bisa maksimal juga. Tapi saya sekalian bereksperimen menggunakan Blogger untuk website saya. Karena dari dulu saya tidak pernah memakai blogger untuk keperluan pribadi. Paling desai theme buat teman atau klien saja.

Nah bener kan si Farmakita memang anak tiri. Buktinya dijadikan kelinci percobaan. HAhahaa. Sabar ya nak, Ayah lagi mencoba mana yang lebih baik dan mau membuktikan apa yang dikatakan oleh orang lain.

Redesign Theme
Hari ini baru saja selesai redesain theme, ya tentu saja yang namanya juga pindah mesin, ya pasti harus ganti dengan theme nya. Untuk theme saya menggunakan theme gratis saja yang di produksi oleh Mas Sugeng. Itu theme nya pada gambar di atas.

Saya memilih template yang gratis dulu, karena masih belum sempet merombak dan membuat theme baru. ya mungkin nanti sambil berjalan dan jika ada waktu senggang. Memang sekarang saya sedang sibuk sekali untuk menulis artikel untuk website pribadi dan untuk klien.

Jika anda punya pengalaman berdasarkan kisah sendiri, Bukan kata orang ya. stolong biarkan saya tahu apa yang anda pikirkan tentang WordPress dan Blogger. Mana yang menurut anda lebih baik. Biar kita diskusikan di komentar.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here