informasi cdn web hosting

Halo guys, pada halaman ini saya akan memberikan informasi tentang Content Delivery Networks atau sering disingkat dengan nama CDN. Content Delivery Networks adalah penyimpadan data secara global di data center di seluruh dunia. Tujuannya adalah untuk membantu menangani konten bagi pengguna dengan kecepatan lebih baik.

CDN dirancang untuk melengkapi pengaturan web hosting anda, bukan untuk menggantikannya. Banyak perusahaan web hosting atau perusahaan yang hanya menyediakan layanan content delivery networks untuk pelanggan mereka, sehingga membuat pelanggan lebih nyaman karena website mereka lebih cepat diakses oleh pengguna dan pengunjung.

Cara Kerja Content Delivery Networks

Server utama tempat menyimpan file website anda adalah disebut dengan server utama, pada saat pengunjung membuka halaman website dari situs website anda, maka mereka mengakses halaman tersebut dari server utama.

Setiap elemen dari halaman website harus diberikan kepada pengunjung tersebut. Hal ini termasuk konten teks, gambar, Javascript, CSS, dan data lainnya. Bayanagkan jika server anda di Indonesia dan pelanggan tersebut adalah berada di USA, maka ping yang didapat oleh pelanggan tersebut lebih lama yang berarti website anda loadingnya lama untuk pelanggan yang berada di daerah USA.

Content Delivery Networks akan menangani hal tersebut.

CDN bekerja dengan cara mengurangi jumlah permintaan pada server utama anda dengan membuat salinan dari setiap halaman website anda. Hal ini akan mengurangi jumlah permintaan yang diperlukan untuk mengambil informasi halaman website secara dramatis yang mana pada saat tersebut mengurangi waktu yang dibutuhkan oleh pengunjung website untuk mengakses halaman website anda.

Selain itu, versi cache pada website anda yang didistribusikan oleh content delivery networks server. Pada saat seseorang mengunjungi halaman website anda, mereka diarahkan pada server terdekat dalam jaringan content delivery network. Mereka tidak perlu mengambil data jauh dari server utama.

Sistem CDN juga memanfaatkan kinerja teknis lainnya seperti kompresi Gzio, expire headers, browsing cache, dan lainnya.

cloudflare cdn network

Sebagian besar perusahaan CDN menggunakan sistem dengan apa yang disebut dengan pull zones dan push zones.

Pull zones atau zona tarik adalah konten yang berada pada CDN diambil dari website anda secara otomatis untuk membuat versi cache dari website anda yang akan ditampilkan ke pengunjung.

Push zone atau zona dorongan adalah memungkinkan anda untuk mengupload file secara langsung pada server CDN, Hal ini bisa digunakan untuk mendistribusikan file besar untuk pengunjung seperti dokumen, video, audio, dan galeri foto.

keycdn dashboard

Content Delivery Networks dikenakan biaya pada bandwidth yang digunakan. Sebagian perusahaan menggunakan biaya per GB bandwidth yang terpakai. Tingkat ini mengurangi sekali masalah anda jika telah mencapai jumlah bandwidth tertentu. Harga juga tergantung pada wilayag geografis bandwidth yang digunakan.

Untuk contoh, layanan daro Amazon CloudFront mengenakan biaya $0.085 USD per GB dari data transfer di USA dan untuk di Eropa adalah dikenakan biaya pada 10TB transfer data pertama. Harga tersebut berkurang pada tingkat berikutnya jika mencapai 40TB bandwidth yaitu $0.080 USD dan dikenakan biaya $0.060 USD untuk 100TB bandwith berikutnya.

Sebaliknya, Amazon CloudFront bisa dikenakan biaya $0.250 per GB bandwidth yang digunakan di USA selatan untuk 10TB bandwidth pertama. Terus harga akan dikurangi menjadi 0.200 untuk 40TB berikutnya dan $0.180 untuk 100TB bandwidth berikutnya.

Content Delivery Networks mengambil semua beban pada server utama anda. Hal ini menjadikan loading pada website anda akan lebih cepat dan memberikan keuntungan bagi anda dan pengunjung website lebih menghemat waktu dan membuat website anda menjadi website favorite sehingga membuat website lebih banyak pengunjung.

Pada saat CDN menyimpan versi cache dari website anda, mereka dapat terus memberikan salinan statis dari website anda ke pengunjung ketika webserver utama anda sedang down.

Total biaya bulanan untuk menggunakan content delivery networks adalah tergantung pada jumlah bandwidth yang anda gunakan. Di sisi baiknya adalah dengan menggunakan CDN akan mengurangi bandwidth pada server utama dan tidak akan kelebihan bandwidth yang akan menambah biaya. Keuntungan lain adalah harga CDN cendrung lebih rendah dibandingkan dengan bandwidth yang disediakan oleh perusahaan hosting, oleh karena itu biaya keseluruhan situs website anda akan lebih murah.

Dengan mesin pencari seperti Google yang menempatkan peringkat situs website anda yang mengharuskan website lebih cepat pada saat diakses oleh pengunjung maka akan lebih diutamakan dibanding dengan website yang memiliki loading yang lama. Semua pemilik website perlu meningkatkan kinerja website sebagai prioritas utama untuk menunjang kegiatan bisnis dan promosi.

Tanpa ragu lagi, salah satu cara terbaik untuk membuat website anda lebih cepat diakses oleh pengunjung di seluruh dunia adalah dengan menggunakan layanan Content Delivery Networks atau CDN. Selain itu, harga bandwidth pun lebih murah jika menggunakan CDN.

Layanan Content Delivery Networks

Dibawah ini anda akan menemukan sebagian dari mereka yang menyediakan layanan Content Delivery Networks yang sudah populer dan beroperasi secara online.

Amazon CloudFront – Adalah perusahaan penyedia CDN yang besar dan begitu populer. Hal ini karena beberapa perusahaan hosting besar yang menggunakan layanan ini untuk aplikasi CDN pada layanan webhosting yang mereka jual. Layanan ini juga digunakan oleh banyak perusahaan besar seperti IMDB dan SEGA.

Jaringan mereka memiliki lokasi di seluruh dunia sebanyak tiga puluh delapan lokasi data center di seluruh USA, Eropa, Asia, Australia, dan Amerika Selatan.

Harga terendah mereka adalah mulai dari $0.085 per GB dan untuk level selanjutnya adalah $0.020 per GB untuk kekuatan pengguna.

CDN.net – Perusahaan ini menyediakan layanan content delivery networks dengan data center yang mereka miliki adalah di delapan puluh delapan kota di seluruh dunia.

Harga mereka tergantung pada wilayah daerah mana yang anda targerkan. Mereka menawarkan beberapa paket dengan harga $100 USD per bulan.

Jika anda menargetkan wilayah USA, Kanada, dan Eropa, anda akan mendapatkan 10TB bandwidth. Jika anda memperluas wilayah target pemasaran anda ke daerah Meksiko, Timur Tengah, India, dan Asia, anda akan menerima 5TB bandwidth.

Opsi terakhir yang memungkinkan anda untuk mengakses semua jaringan umum mereka secara penuh, tetapi mengurangi bandwidth anda sebanyak 2TB.

CloudFlare – Selain untuk meningkatkan keamanan DDoS attack, Cloudflare juga memberikan layanan content delivery networks yang mencakup tujuh puluh empat kota di seluruh dunia.

Yang akan mengejutkan bagi anda adalah dimana mereka menyediakan layanan CDN secara gratis. Anda tidak akan ditagih untuk bandwidth yang telah anda gunakan. Jika anda meningkatkan layanan ke paket PRO mereka akan memberikan anda fitur performa tambahan. Paket pro ritel mereka adalah mulai dari $20 USD per bulan dan untuk setiap website tambahan adalah $5 USD yang ingin mendapatkan fitur tambahan.

Saya sendiri selalu menggunakan layanan dari CloudFlare sebagai CDN bagi website saya selama beberapa tahun terakhir ini dan saya sangat senang dengan apa yang saya dapatkan dari layanan mereka terutama apa yang saya dapatkan setelah melakukan upgrade ke versi Pro layanan mereka.

Fastly – Sebuah perusahaan CDN profesional yang telah digunakan banyak website besar dan organisasi. Jaringan mereka mencakup seluruh dunia dan mereka akan menambahkan lokasi server baru mereka di Asia dan Afrika selama beberapa tahin ke depan.

Untuk biaya yang mereka tawarkan adalah $0.12 per GB pada 10TB pertama dan kemudian harga turun ke $0.08 per GB.

KeyCDN – Adalah sebuah perusahaan penyedia layanan Content Delivery Networks yang memiliki jaringan mencakup seluruh Amerika Utara, Eropa, Asia, dan Oseania. Mereka telah merencanakan akan memiliki data center di beberapa negara seperti Amerika Selatan, Afrika, dan Timur Tengah.

Merka menyediakan halaman dashboard yang ramah bagi pengguna dan antarmuka yang dapat dengan mudah dioperasikan dan membanggakan menjadi salah satu layanan CDN termurah hanya mulai dari $0.004 per GB untuk 10GB pertama. Yang mana harga mereka setengah dari layanan Amazon CloudFront. Tarif terakhir mereka akan turun selanjutnya setelah 10TB adalah $0.01 untuk power user.

MaxCDN – Adalah layanan CDN yang populer dan banyak digunakan oleh blogger. Layanan mereka yang mudah digunakan dan memiliki jaringan di data center yang didukung oleh mitra mereka seperti Comcast, Verizon, dan Vodafone.

Tarif mereka mulai dari $0.06 per GB untuk dibawah 50TB bandwidth.

Microsoft Azure – memiliki data center di dua puluh dua daerah di seluruh dunia. Seperti yang anda harapkan dari sebuah perusahaan raksasa seperti Microsoft, jaringan mereka sangat kuat, aman, dan handal.

Harga yang dipatok adalah mulai dari sekitar $0.09 per GB adalah bandwidth untuk daerah USA dan Eropa.

==/==

Jika anda memiliki referensi lain untuk content delivery networks yang murah dan datang dengan kualitas bagus, atau memiliki pertanyaan seputar content delivery networks, jangan ragu untuk menambahkan hal tersebut pada kolom komentar dibawah agar kita bisa mendiskusikan hal tersebut.

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca listing layanan content delivery networks. Semoga membantu anda dalam menentukan pilihan optimasi untuk website.

Best Regards,
Andi Astina.

Dapatkan Tips SEO Terbaik Kami!

Daftar untuk mendapatkan trik & teknik SEO untuk kalahkan saingan!.

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan