Perbedaan Antara Linux Dan Windows Hosting

Pada halaman ini saya akan menjelaskan pentang perbedaan anatara linux dan windows hosting. Semoga artikel ini bisa membantu yang sedang mencari referensi untuk memilih paket web hosting untuk website dan aplikas. Untuk istilah lain anda bisa menemukan hal tersebut pada artikel istilah web hosting.

Pada saat anda sedang mencari web hosting untuk website dan membandingkan antara paket web hosting perusahaan satu dengan yang lainnya, anda akan mendapatkan perbedaan yang lumayan signifikan. Salah satu perbedaan yang akan bahas pada artikel ini adalah antara server yang menggunakan sistem operasi Linux hosting dengan Windows hosting.

Sistem operasi yang paling umum digunakan oleh banyak perusahaan untuk server web hosting adalah Linux. Namun beberapa dari mereka juga menggunakan sistem operasi Windows dan menyediakan layanan web hosting windows.

Untuk anda yang merasa bingung dalam menentukan hal ini, sebagai gambaran besar ini tidak berpengaruh untuk tampilan halaman website anda. Namun, ada perbedaan yang mencolok dari segi administrator server dan pengaturannya.

Control Panel Web Hosting

Selama bertahun-tahun, kontrol panel hosting dirilis untuk berbagai sistem operasi yang berbeda, bahkan ada beberapa kontrol panel yang hanya bisa digunakan pada sistem operasi tertentu saja.

Selama beberapa tahun terakhir kontrol panel yang sangat populer adalah cPanel, mereka menyediakan kontrol panel web hosting hanya untuk sistem operasi Linux saja. Namun pada tahun 2011 cPanel merilis kontrol panel versi Windows yang mana produk mereka untuk sistem operasi Windows adalah bernama Enkompass. Begitupun control panel Plesk yang sekarang sudah mendukung kedua sistem operasi, yang bisa digunakan pada Linux hosting dan Windows hosting.

Untuk sekarang, masih ada beberapa control panel web hosting yang hanya tersedia untuk Linux atau Windows saja, tetapi jika anda benar-benar perlu menggunakan kontrol panel yang hanya tersedia untuk satu sistem operasi anda harus dapat menggunakan kontrol panel web hosting pilihan dengan baik, meskipun begitu selalu ada perbedaan untuk versi mereka yang baru.

Aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang hanya bisa digunakan pada Linux atau Windows saja. Namun, begitu banyak juga aplikasi yang bisa digunakan pada kedua sistem operasi tersebut.

  • Windows – Mendukung bahasa pemrograman ASP.NET,  Cold Fusion, VB Development, C# dan produk Microsoft lain seperti Access.
  • Linux – Adalah asli dengan menggunakan akses SSH untuk mengoperasikan, menggunakan Modul Apache. Karenakan Linux sebagian besar adalah produk open source, maka tersedia ribuan aplikasi yang tersedia pada sistem operasi Linux ini. Sebaliknya, sebagian besar aplikasi windows perlu dibeli.

MySQL dapat digunakan pada kedua sistem tersebut meskipun ada pilihan untuk pengguna Windows. Bahasa pemrograman seperti PHP dan Perl cendrung dekat dengan Linux namun anda juga dapat menggunakan pada Windows.

Harga

Harga web hosting yang menggunakan sistem operasi Linux cendrung lebih murah karena merupakan produk open source, dibandingkan dengan server yang menggunakan sistem operasi Windows yang harganya bisa lebih tinggi.

Keamanan

Saya telah mendengan bahwa server yang menggunakan sistem operasi Linux lebih aman dibandingkan dengan yang menggunakan Windows. Hal ini mungkin benar pada suatu masalah, meskipun demikian tidak ada yang menunjukan mereka lebih aman satu daripada yang lain karena mereka dan perusahaan hosting benar-benar mengambil langkah serius untuk keamanan server.

Perbedaan Lainnya

Ada banyak perbedaan kecil antara cara kerja Linux dan Windows untuk menangani hal-hal tertentu, meskipun sebagian besar mungkin tidak anda perhatikan.

  • Nama file di Linux adalah case sensitif, sedangkan pada Windows tidak. Seperti pada sistem linux halaman adalah halaman.html dan tidak bisa dengan menggunakan Halaman.html.
  • Windows menggunakan file tersembunyi untuk menangani swap file sementara pada Linux dengan menggunakan partisi hard disk.
  • Windows memiliki boot (booting) pada partisi primer, sedangkan Linux dapat melakukan boot pada partisi extended.
  • Windows memisahkan direktori atau folder dengan menggunakan backslash sedangkan pada linuk adalah dengan menggunakan slash.

Ada pro dan kontra dalam menggunakan sistem operasi untuk menjalankan web hosting yang baik, namun saya sendiri lebih suka menggunakan Linux untuk hosting untuk menjalankan website saya dibandingkan dengan Windows hosting, karena saya lebih populer dengan pengaturan menggunakan Linux yang menurut saya lebih mudah dan murah. Jika anda perlu menggunakan produk Microsoft, pastikan anda menggunakan hosting yang berbasis Windows.

Jika anda memiliki informasi lain tentang perbedaan Linux dan Windows hosting atau memiliki pertanyaan tentang topik ini, jangan ragu untuk menambahkan hal tersebut pada kolom komentar agar bisa dengan mudah kita mendiskusikannya.

Best Regards,
Andi Astina.

Dapatkan Tips SEO Terbaik Kami!

Daftar untuk mendapatkan trik & teknik SEO untuk kalahkan saingan!.

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan