Membuat Perusahaan Web Hosting

Pada halaman ini saya akan memberitahukan kepada anda bagaimana cara membuat perusahaan web hosting yang mana bisa memberikan anda pemasukan menjanjikan dari bisnis ini.

Web hosting adalah industri yang sangat menjanjikan dan bernilai miliaran rupiah selama internet masih ada. Anda akan bisa mendapatkan banyak sekali uang jika membangun sebuah perusahaan hosting dengan pelayanan yang baik dan tentu saja jika anda memasarkan produk dengan benar juga.

Sekarang saya sendiri sudah membuat perusahaan web hosting yang mulai beroperasi pada tahun 2015 awal. Untuk sekarang pemasukan dari perusahaan hosting tersebut bisa membantu saya dalam menjalankan proyek-proyek yang telah saya mulai dan tentu juga saya bersyukur bisa mendapatkan sepiring nasi dari perusahaan hosting tersebut.

Untuk sekarang saya masih belum fokus untuk berjualan web hosting dan memang saya masih fokus pada perusahaan jasa digital marketing yang telah beroperasi selama ini. Sekarang saya sudah cukup belajar banyak dari perusahaan hosting lain dan bagaimana ketatnya tentang penjualan di bisnis web hosting.

Nah, sekarang saya ingin memberikan anda tentang gambaran untuk membuat perusahaan web hosting dan anda bisa mengetahui bagaimana anda dapat mendapatkan uang dari menjual web hosting.

Ekspektasi Nyata

Sebelum anda memulai sebuah perusahaan anda harus mulai melihat bagaimana sebuah perusahaan hosting beroperasi, anda perlu hitungan yang realistis tentang pekerjaan dan siapa saja termasuk jumlah berapa orang dalam peluncuran sebuah perusahaan web hosting.

Untuk memulai sebuah perusahaan web hosting, kita sangat membuatuhkan waktu dan energi. Ini merupakan sebuah kerja keras. Jika anda melihat dan mengetahui apa yang orang-orang dalam industri ini katakan tentang menjalankan sebuah perusahaan web hosting maka anda akan menyadari dan bisa membangun sebuah perusahaan dengan resep yang baik.

Anda akan segera menyadari bahwa hidup anda tidak akan sendiri dan setidaknya pada tahun pertama perusahaan anda akan berjalan jika anda sendiri yang mengoperasikannya. Namun jika telah bertambah klien dan website yang di hosting di tempat anda, maka anda saja tidak akan cukup.

Jika anda memiliki anggaran yang besar, anda bisa menyewa staf secara lengkap dan penuh waktu yang mana perusahaan hosting harus beroperasi dan maintenance selama 24/7 per bulan. Jika anda gagal untuk mengatur orang yang tepat ke dalam pekerjaan ataupun jam yang tidak sesuai, tidak mungkin sekali perusahaan anda akan berkembang dan berhasil.

Tidak akan ada keraguan tentang hal tersebut, Web hosting adalah bisnis yang bisa membuat kepala anda pecah. Setiap perusahaan hosting yang datang dan pergi dari bisnis ini karena mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan dari pelanggan dan konsumen baru.

Margin keuntungan yang didapat dari hasil penjualan perusahaan web hosting jarang yang memiliki margin yang tinggi dan besar. Perusahan hosting yang didirikan dengan menggunakan pemasaran yang agresif dan mempertahankan posisi mereka dipasaran adalah perusahaan yang serius dalam bisnis ini.

Hal ini tidak dapat dipungkiri oleh perusahaan hosting yang besar untuk membayar program affiliasi mereka yang lebih dari $100 untuk komisi yang membawakan mereka pelanggan yang membeli paket bulanan seharga $5 atau $10 untuk web hosting yang terjual. Mereka cukup kehilangan banyak uang dalam melakukan pemasaran untuk mendapatkan pelanggan dan mendapatkan posisi di pasar.

Sata tidak mengatakan semua ini untuk sengaja mencegah anda atau orang lain yang akan terjun membuat perusahaan web hosting sendiri. Namun, saya pikir ini adalah hal yang sangat penting bahwa setiap orang bisa memulai suatu perjalanan dengan mata terbuka.

Hardware Komputer Hosting

Untuk jalan masuk anda ke bisnis web hosting adalah dengan cara membeli paket reseller hosting. Paket rencana ini dapat anda beli mulai dengan harga Rp.100rb per bulan dan memungkinkan anda dengan mudah bisa menambahkan domain tambahan untuk paket hosting anda.

Jika anda ingin mulai untuk berjualan paket web hosting VPS anda akan membutuhkan banyak kekuatan dan sumber daya, juga fleksibilitas yang lebih diujung jari anda. VPS hosting biasanya pada harga ritel mulai dari R.200rb per bulan, namun anda bisa membutuhkan biaya lebih dari Rp.1juta per bulan jika anda mengupgrade ke paket hosting yang lebih besar CPU lebih baik dan RAM yang besar juga.

Jika anda bisa melihat disini dan memprediksi anda bisa mendapatkan uang yang sedikit dalam bisnis hosting dan anda mau mulai menjual ke teman dan keluarga dulu, maka untuk pertama ini titik masuk anda yang lebih baik adalah dengan menggunakan paket reseller atau VPS.

Namun, Jika anda serius tentang membuat perusahaan web hosting anda sendiri, anda perlu menggunakan dedicated hosting. Hal ini akan memastikan anda untuk mendapatkan kontrol penuh pada server anda dan jaminan bahwa hanya anda dan pelanggan yang di hosting pada server tersebut.

Jika anda berbagi server dengan pengguna lain, ada peningkatan resiko downtime dan anda mungkin akan mendapatkan pengalaman untuk memilih atau rencana pindah ke layanan lain pada saat anda mengupgrade dan pelanggan tidak akan senang jika website mereka banyak waktu downtime.

Harga dedicared server biasa mulai dari kisaran Rp.1juta per bulan dan bisa hingga puluhan juga rupiah per bulan harga sewanya tergantung dengan resources yang anda butuhkan.

Anda harus memutuskan apakah anda akan menggunakan dedicated server yang dikelola atau dedicated server yang tidak dikelola. Rekomendasi saya adalah untuk anda belilah dedicated server yang tidak dikelola karena tidak pernah ada jaminan perusahaan webhosting yang akan menyediakan kualitas dukungan pelanggan yang baik dan mereka ada pada saat anda butuhkan dalam menjalankan bisnis.

Dengan memilih server yang tidak dikelola, anda dapat memilih perusahaan yang bisa mengatur server anda. Jika kualitas dukungan yang mereka berikan tidak baik, anda bisa pindah untuk menggunakan perusahaan manajemen server baru. Ini adalah rute terbaik dan tidak diragukan lagi.

Administrator Server

Jika anda pernah mengalami menjadi administrator server, mungkin anda akan tergoda untuk mengelola dan menjalankan perusahaan hosting sendiri. Saya menghargai anda untuk melakukan hal ini, terutama jika anggaran yang anda miliki terbatas, namun idealnya anda ingngin outsourcing dalam tanggung jawab ini.

Dengan bekerjasama dengan perusahaan lain untuk mengelola server maka akan memberikan waktu bagi anda untuk fokus pada area lain dari bisnis web hosting anda. Perusahaan tersebut akan mengkonfigurasi server anda seperti yang anda inginkan, berurusan dengan masalah keamana, dan membantu anda setiap ada masalah terkait dengan server.

Kisaran harga dari perusahaan jasa pengelola server adalah biasanya Rp.500rb keatas. Saya sendiri menggunakan jasa pengelola server bukan dari indonesia dalam menjalankan perusahaan web hosting dan saya selalu senang dengan dukungan yang mereka berikan. Ada banyak alternatif lain bagi anda yang ingin menggunakan jasa pengelolaan server dengan reputasi yang baik untuk anda bandingkan.

Saya tidak merekomendasikan anda untuk menggunakan penyedia hosting untuk menangani administrator server anda, karena hampir selalu mereka memiliki keterbatasan pada apa yang mereka lakukan untuk anda.

Sedangkan dengan menggunakan jasa manajemen server maka mereka akan melakukan apapun sesuai dengan permintaan anda, sebagian besar perusahaan hosting akan memberikan bukan sesuatu yang besar dan memiliki respon yang lambat untuk manajemen server.

Silahkan anda peruksa halaman jasa menejemen server yang telah saya bagikan untuk informasi lebih lanjut tentang apa yang perusahaan manajemen server dapat lakukan untuk anda.

Billing Konsumen

Billing yang digunakan harus praktis dan bisa memproyeksikan citra profesional perusahaan yang anda miliki. Software ini membantu mengotomisasi segala sesuatu yang berhubungan dengan pembayaran.

Anda bisa membeli lisensi untuk software billing ini dengan kisaran harga Rp.100rb hingga Rp.400rb per bulan untuk jenis apapun dari software billing yang anda gunakan. Harga akhir yang anda bayar dari sebagian besar tergantung pada merek dan jenis lisensi apa yang anda gunakan.

Billing yang paling populer dalam perusahaan hosting adalah WHMCS. Ini adalah solusi yang terjangkau dan memiliki penuh fitur. Hal ini bisa membantu anda membuat faktur dengan versi PDF secara otomatis dan mengirimkan langsung pengingat pembayaran penagihan kepada pelanggan.

WHMCS mendukung beberapa mata uang sebagai getway pembayaran yang mana lebih dari 75 getway yang tersedia pada software billing ini. Juga menawrkan fitur seperti dukungan pajak, kutipan, dan penagihan berulang, sistem kredit, dan biaya keterlambatan. Biaya untuk memberikan dukungan juga dapat ditambahkan untuk penagihan otomatis.

Membuat Perusahaan Web Hosting WHMCS

Pilihan lain yang bisa anda pertimbangkan untuk billing adalah Clientexec. Ini adalah layanan yang memberikan otomisasi hosting yang lengkap dengan membantu anda untuk mengatur akun hosting, mengelola pelanggan, dan menglola dukungan pelanggan, dan chat langsung juga tersedia.

Membuat Perusahaan Web Hosting Clientexec

Saya menyarankan anda untuk mencoba demo pelanggan dan admin dari software billing tersebut agar anda bisa mempertimbangkannya. Lihatlah antarmuka software tersebut dan meninjau apa yang dapat anda lakukan dan apa yang tidak dengan menggunakan software tersebut.

Dukungan Pelanggan 24 Jam

Hal yang paling penting tentang perusahaan hosting dapat menyediakan kehandalan uptime dan dukungan. Kegagalan anda dalam memberikan ini akan memberikan akibat bagi anda pelanggan akan pergi dari layanan anda berbondong-bondong dan anda akan kehilangan pelanggan satu-demi-satu.

Dukungan pelanggan yang baik dapat menjadikan perbedaan antara perusahaan hosting yang baik dan perusahaan hosting yang buruk. Jika anda jatuh ke dalam kategori yang terakhir, pelanggan anda akan membuat titik membiarkan orang lain tahu tentang layanan pelanggan buruk yang anda berikan.

The Internet adalah perusahaan yang telah bangkrut karena mereka memiliki reputasi yang buruk dalam dukungan pelanggan. Oleh karena itu anda harus memberikan prioritas bagi hal ini.

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk memberikan dukungan kepada pelanggan.

Perusahaan hosting biasanya memberikan dukungan menggunakan kombinasi berikut:

  • Email & Dukungan Tiket
  • Forum Diskusi
  • Live Chat
  • Dukungan Telepon
  • Dukungan Sosial Media

Banyak perusahaan web hosting lokal hanya menyediakan dukungan sepanjang jam kerja. Ini adalah sesuatu yang tidak saya rekomendasikan dan jika saya menjadi pelanggan tidak akan menggunakan layanan mereka. Anda tidak akan pernah tahu kapan masalah akan timbul pada hosting dan saya sangat mengandalkan dukungan pelanggan yang aktif selama 24/7.

Jangan khawatur, Tidak ada yang mengharapkan anda untuk duduk di depan komputer selama dua puluh empat jam sehari selama satu minggu dalam satu bulan. Sebagian kecil dari mereka mengeluh dengan masalah yang kecil seperti contohnya banyak dari mereka yang memberikan dukungan inti selama jam kerja dan mentransfer ke dukungan pelanggan pihak ketiga di luar jam kerja perusahaan hosting tersebut.

Perusahaan yang memberikan jasa dukungan pelanggan biasanya dikenakan pada biaya berbasis per tiket. Misalnya, Agus memiliki harga biaya per tiket adalah Rp.50rb per tiket. Maka paket 50 Tiket adalah 2,5jt per bulan dan biaya pengaturan biasanya Rp.300rb.

Semua perusahaan hosting dan perusahaan yang menyediakan jasa dukungan pelanggan web hosting biasa nongkrong di forum Web Hosting Talk atau forum indonesia di Diskusi Web Hosting. Saya menyarankan anda memposting layanan yang anda butuhkan disana agar mendapatkan penawaran dari perusahaan yang bisa memberikan solusi bagi anda.

Desain Website & Marketing

Ini adalah hal yang paling klise dan paling tua, perasaan pertama adalah timbul dari mata. Anda dapat memberikan uptime dan dukungan kelas pertama, namun jika website anda terlihat seperti omong kosong, anda akan berjuang terus untuk mendapatkan pelanggan baru.

Anda perlu membuat website dengan desain yang profesional. Anda bisa menggunakan Konten Manajemen Sistem seperti WordPress karena ini adalah hal terbaik dimana banyak pengembang template dan penyedia desain website WordPress yang bisa anda dapatkan seperti pada Themeforest. Dan gunakanlah theme atau template yang terintegrasi dengan WHMCS sebagai billing anda. Untuk mengetahui kenapa saya menyarankan untuk menggunakan CMS WordPress silahkan bisa anda ketahui disini.

Anda juga perlu memastikan ejaan pada witus website anda tidak ada yang ganjil pada setiap halaman. Jika halaman tidak lengkap, tidak ada link kesana, pastikan anda untuk menambahkan banyak informasi ke website lain juga. Anda harus memiliki informasu yang details setiap halaman terutama menyediakan halaman FAQ atau Pertanyaan Yang Sering Diajukan dan halaman paket penjualan yang details juga tentunya berkaitan dengan layanan yang anda jual dan apa yang konsumen terima.

Saya juga mempercayai perusahaan hosting yang menyediakan beberapa paket web hosting yang berbeda. Disarankan bagi anda menggunakan beberapa perusahaan hosting. Mungkin ini akan membantu anda jika perusahaan utama tempat anda hosting website sedang down, maka server lain masih menyala dan konsumen masih tetap masih bisa menghubungi anda.

Setelah website anda selesai, anda perlu fokus pada promosi. Awal dari kehidupan perusahaan web hosting adalah yang paling sulit. Yang anda butuhkan untuk membangkitkan minat pada layanan anda.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mempromosikan perusahaan webhosting baru anda.

  • Pay Per Click (PPC) Advertising – Adalah layanan seperti Google Adwords dan Facebook Ads yang memungkinkan bisa memberikan anda pelanggan baru secara cepat, tapi anda harus siap untuk membayar untuk melakukan hal ini. Klik untuk niche hosting biasa sangat mahal dan hanya sebagian kecil dari pengunjung yang bisa di konversi menjadi pelanggan.
  • Program Afiliasi – Sebuah program afiliasi yang baik dan membayar internet marketer dengan lancar akan membantu orang lain untuk mempromosikan layanan anda. Beberapa perusahaan hosting bisa membayar sebanyak $150 untuk mendapatkan satu pelanggan baru. Yang lain juga ada yang menawarkan komisi berulang dari setiap transaksi baru dan perpanjangan. Ini biasa dengan rate 10% hingga 50% komisi.
  • Program Referral – Sebuah program referral dirancang khusus untuk pelanggan yang sudah ada. Anda bisa memberikan mereka hadiah jika mereka memberikan perusahaan pelanggan baru dengan cara memberikan kredit yang bisa digunakan oleh mereka untuk membayar paket yang mereka ambil.
  • Word of Mouth – Hal ini akan terjadi jika anda memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, pengalaman yang telah didapatkan oleh pelanggan tersebut akan membuat mereka secara sukarela berbagi pengalaman di website mereka atau pada forum. Oleh karena itu, sangat penting bahwa anda harus memberikan dukungan yang baik kepada setiap pelanggan.
  • Konten Marketing – Sebuah blog aktif yang selalu menerbitkan artikel yang informatif dapat membantu perusahaan mendapatkan lalu lintas dari situs website yang masuk dari link artikel tersebut, berbagi di sosial media, dan optimasi SEO yang baik. Anda juga dapat memposting di blog tamu pada blog yang mengizinkan hal tersebut yang bisa memberikan link ke website anda, sementara untuk membantu hal lain juga bisa memposting pada diskusi webmaster atau forum hosting seperti DiskusiWebHosting dan anda harus berusaha untuk mendapatkan reputasi yang baik di forum tersebut.
  • Kompetisi – Mengadakan sebuah kompetisi yang mudah dan menarik banyak peserta dan tentu anda harus menawarkan hadiah yang baik agar menjadi daya tarik bagi kontes tersebut yang akan menarik banyak peserta. Selalu berhubungan dengan blog yang bisa anda ajak menjadi mitra dan menawarkan hadiah kepada mereka jika memberikan banyak lalu lintas kepada website perusahaan hosting anda.
  • Hosting Direktori – Sangat penting setelah anda memiliki perusahaan hosting sendiri untuk layanan anda terdaftar di direktori web hosting yang bisa mengirimkan lalu lintas pengunjung tambahan.

Setelah anda menyiapkan semua kebutuhan seperti membuat website untuk penjualan web hosting, mengkofigurasu server, billing, menyiapkan dukungan, dan sekarang yang paling akan menyita banyak waktu anda adalah untuk mendatangkan pengunjung dan untuk mendapatkan pelanggan di layanan anda.

Anda jangan menganggap entent tentang persaingan penjualan web hosting dan anda harus mengetahui seberapa kompetitif persaingan web hosting di pasaran. Jika anda ingin memiliki bisnis hosting yang sukses, anda tidak hanya harus menawarkan layanan handal yang baik, anda juga harus fokus pada penjualan hosting dan bagaimana cara untuk promosi yang hemat dan efektif.

Jika anda memiliki referensi lain atau pertanyaan, silahkan jangan ragu untuk menambahkan hal tersebut pada kolom komentar dibawah agar kita dengan mudah bisa mendiskusikannya.

Best Regards,
Andi Astina.

Dapatkan Tips SEO Terbaik Kami!

Daftar untuk mendapatkan trik & teknik SEO untuk kalahkan saingan!.

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan