Yang Dimaksud Domain Name Servers

Halo guys, sekarang saya akan menjelaskan yang dimaksud dengan Domain Name Servers atau sering disinigkat dengan nama DNS. Sebagaimana kita ketahui bahwa IP address adalah identitas dari perangkat yang terhubung ke internet, baik Personal Computer yang ada di rumah ataupun Komputer Server yang berada di data center.

Fungsi dan prinsip dari domain name server adalah untuk mengubah IP address menjadi nama yang mudah diingat. Sebagai contoh, anda dapat mengunjungi halaman google dengan mengetik http://74.125.224.72/ pada browser anda, namun nama domain google.com jauh lebih mudah dibandingkan dengan mengingat alamat IP tersebut.

Kita akan sangat sulit mengingat semua alamat website favorite kita jika harus menggunakan IP address untuk mengakses website tersebut. Itulah sebabnya mengapa harus menggunakan domain name server, atau sering disebut dengan DNS.

Pada saat anda memindahkan website ke perusahaan web hosting yang baru, anda akan diminta untuk mengarahkan nama domain anda ke alamat IP tertentu. Sebagai contoh, anda akan diminta untuk mengatahkan nama domain tersebut ke ns1.perusahaanhosting.com dan ns2.perusahaanhosting.com.

Alamat ini dikenal dengan nama domain name server dan mereka diarahkan ke alamat IP tertentu. Oleh karena itu, ketika sebuah perusahaan web hosting meminta anda untuk mengubah name server pada panel domain anda, pada dasarnya mereka meminta anda untuk mengarahkan nama domain ke alamat IP tertentu. Hal ini memastikan bahwa pas nanti pengunjung mengakses website anda, maka akan diarahkan ke file website di server perusahaan web hosting tersebut.

Untuk mengubah domain name server, yang perlu anda lakukan adalah masuk ke halaman panel domain yang disediakan oleh registar domain anda dan mengubah domain name server tersebut.

namecheap andaistina

Diatas adalah pengaturan name servers pada panel admin namecheap penyedia/registars domain.

Jika anda menggunakan paket VPS atau dedicated server, anda mungkin harus membuat name server anda sendiri dengan menggunakan domain anda. Untuk melakukan hal ini anda harus mengubah pada Zona DNS pada web server anda dan jika anda tidak bisa melakukan hal tersebut, silahkan anda meminta bantuan ke perusahaan web hosting yang menyediakan server untuk website anda.

Jika anda mempunyai informasi tambahan atau ada pertanyaan tentang topik domain name server (DNS) ini, silahkan jangan ragu untuk menambahkan hal tersebut pada kolom komentar dibawah agar kita bisa dengan mudah untuk mendiskusikannya.

Best Regards,
Andi Astina.

Dapatkan Tips SEO Terbaik Kami!

Daftar untuk mendapatkan trik & teknik SEO untuk kalahkan saingan!.

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan