Pentingnya Melakukan Backup Website

Apa nilainya sebuah website yang tidak memiliki data? Tidak ada. Hal tersebut yang menjadi sebab pentingnya melakukan backup website yang merupakan bagian penting dari bekerja dengan cara online. Data bisa hilang dengan berbagai cara dan alasan termasuk serangan berbahaya, hacking, masalah server, dan kesalahan sumber daya manusia.

Jangan berpikir hal tersebut tidak akan terjadi pada anda, Beberapa perusahaan terbesar dan yang paling dihormati pun telah mengalami pemadaman server dan kehilangan data penting.

Anda harus mempertimbangkan untuk membuat cadangan website sebagai salah satu opsional sebagai cadangan. Ini adalah langkah yang mudah dan sederhana untuk dilakukan.

Jadi bagaimana cara untuk melakukan backup website? Nah, sebagian besar perusahaan hosting menawarkan layanan backup otomatis dan akan mengembalikan website anda dari cadangan jika website anda down atau terkena serangan berbahaya yang membuat website anda down. Terkadang beberapa perusahaan hosting membebankan biaya tambahan untuk layanan backup, namun ada juga dari mereka yang menyediakan layanan backup langsung masuk pada paket hosting yang mereka jual, Tergantung bagaimana perusahaan hosting memberikan harga dan paket yang mereka jual.

Perusahaan hosting yang menyediakan layanan backup adalah lebih mudah untuk mengembalikan website anda, Anda hanya perlu memberitahukan perusahaan hosting tersebut untuk mengembalikan backup tersebut. Pada kebanyakan situasi, di perusahaan hosting yang menyediakan tempat yang cukup untukdata tersebut. Tentu saja, salah satu kelemahan utama dalam mengendalikan backup adalah perusahaan hosting tersebut.

Perusahaan hosting menyimpan data backup pada server yang sama dengan data pelanggan, oleh karena itu jika perusahaan hosting memiliki waktu perawatan dan harus memadamkan server di data center mereka, maka ada kemungkinan tinggi bahwa file backup anda offline juga. Sekenario terburuk adalah anda kehilangan seluruh data website anda. Ini adalah hal yang paling menakutkan dengan satu serangan, anda bisa kehilangan tahunan kerja keras anda dan bisa menurunkan bisnis yang telah anda bangun.

Bahkan, perusahaan hosting yang paling mahal sekalipun tidak bisa memberikan jaminan 100% bahwa file anda dapat dipulihkan kembali jika server down dikarenakan terkenakan serangan yang berbahaya. Itulah mengapa anda harus memiliki selalu backup eksternal selain yang disediakan oleh perusahaan hosting tersebut.

Menangani Sendiri Backup

Saya sendiri memiliki cadangan backup website dari semua website yang penting dan menyimpannya di local computer dan di layanan cloud seperti Dropbox. Hal ini termasuk semua file HTML, CSS, dan PHP serta gambar dalam satu file zip. Hal ini memerlukan pengaturan yang lumayan sulit dan waktu yang lumayan banyak dalam backup secara manual, Hal ini juga menjadi sebuah keuntungan bagi saya karena bisa mengakses file secara offline di komputer dan dimana saja dengan bantuan sistem cloud.

Jika anda memiliki website yang menggunakan database seperti MySQL, anda juga perlu melakukan backup pada databasr tersebut secara teratur. Database kecil yang tidak diperbarui secara berkala dapat anda lakukan backup secara manual setiap kali anda melakukan perubahan pada website. Untuk melakukan hal ini, anda biisa masuk ke halaman pengelolaan database (jika menggunakan) seperti PhpMyAdmin dan melakukan eksport database langsung ke lokal komputer atau Dropbox.

phpmyadmin export

Hal tersebut akan terasa ribet dan memerlukan banyak waktu jika website anda sering di perbaharui. Jika anda memperbaharui website atau blog secara berkala seperti beberapa minggu sekali, maka anda akan kehilangan beberapa minggu tersebut untuk meluangkan waktu melakukan backup setelah website diperbaharui.

Sayangnya hal ini tidak praktis untuk melakukan backup secara manual setiap hari. Itulah mengapa sebabnya perusahaan besar memerlukan jasa yang memberikan layanan backup website yang bisa membuat website aman dan tidak akan kehilangan banyak data jika website mendapatkan serangan berbahaya.

Menggunakan Layanan Backup

Ada berbagai layanan backup yang tersedia di pasaran yang bisa anda pertimbangkan. Banyak yang dibuat khusus untuk hosting panel tertentu. Misalnya cPanelSiteBackup backup website cPanel otomatis dengan data hingga 5GB bisa dikenakan biaya $4.80 USD per bulan. Backup dilakukan setiap hari dan tidak ada batasan untuk jumlah website.

Untuk anda yang menggunakan website dengan basis engine WordPress, saya sarankan untuk menggunakan layanan VaultPress atau CodeGuard. VaultPress adalah layanan backup yang saya gunakan untuk seluruh website WordPress saya. Paket dasar mereka adalah $15 per bulan dan backup website dilakukan setiap jam. Backup disimpan tanpa batasan waktu. Ini berarti bahwa anda dapat kembali ke cadangan apapun dari tahun lalu dan bisa men-download atau mengembalikan cadangan website anda dengan satu kali klik.

Paket rencana terkecil yang bisa anda dapatkan adalah $5 USD per bulan. Fungsi yang ditawarkan adalah sama, namun backup hanya dikalukan sekali per hari dan hanya disimpan selama 30 hari. Hal tersebut menurut saya cukup bagi pemilik website kecil dan jarang dilakukan update.

Jika anda ingin menggunakan layanan CodeGuard, anda bisa menggunakan layanan mereka bukan hanya untuk website WordPress saja. Layanan backup mereka lengkap mulai dari semua file website anda hingga database.

Mereka mimiliki paket harga yang wajar yaitu $5 USD per website setiap bulan untuk penyimpanan sebesar 5GB. Anda bisa lebih menghemat uang jika menggunakan layanan dari CodeGuard, Saya sangat merekomendasikan mereka untuk backup website.

Jika anda memiliki informasi lain atau pertanyaan tentang topik pentingnya melakukan backup website ini, jangan ragu untuk menambahkan hal tersebut pada kolom komentar dibawah agar kita bisa mendiskusikan hal tersebut.

Best Regards,
Andi Astina.

Dapatkan Tips SEO Terbaik Kami!

Daftar untuk mendapatkan trik & teknik SEO untuk kalahkan saingan!.

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan