unta

Seperti hal biasanya seseorang tumbuh seperti kebanyakan orang, saya berfikir bahwa saya tak terkalahkan. Anda hanya khawatir tentang kesehatan anda atau memikirkan berapa lama lagi hidup kita yang tersisa dari masa remaja dan di masa umur dua puluhan. Ketika anda beranjak tua, anda akan menyadari betapa rapuhnya hidup ini. Selama ini saya telah mendapatkan beberapa penyakit seperti cacar air, flu, batuk dan penyakit lain di awal dua puluhan ini sudah terserang penyakit begitu banyak, dan hal tersebut membuat saya menjadi sadar bahwa betapa rapuh diri kita.

Pikirkan bagaimana mudahnya bagi manusia untuk mati. Kita tidak makan dalam beberapa hari saja, kita mati. Tinggal di tempat terlalu panas atau terlalu dingin membuat tubuh lemah dan akhirnya kita mati. Jatuh dari suatu tempat yang tinggi, kita mati, Tenggelam di air, kita mati. Hal ini penuh dengan kejutan jika kita bisa sampai meniup lilin ulang tahun kita yang ke-50.

Dibandingkann dengan manusia, hewan lebih mempunyai kehidupan yang lebih keras. Bahkan predator menempati puncak dari rantai makanan pun bisa diserang oleh spesies lain jika mereka dalam keadaan lemah dan terluka. Hal tersebutlah yang menyebabkan tidak banyak hewan yang mati disebabkan tua.

Oleh karena hal tersbut, hewan harus lebih tangguh. Beberapa hewan bahkan mempunyai kelebihan dari yanbg lain. Hari ini saya akan berbagi dengan anda tentang sepuluh hewan yang paling tangguh di planet bumi. Hewan ini bisa bertahan pada kondisi yang mana hewan lain sedikit yang bisa.

1. Semut

Tumbuh besar dan saya benar-benar tidak memiliki pengetahuan yang banyak tentang semut. Tentu saja ada semut di daerah saya, tetapi anda tidak akan melihat semut yang banyak disini. Saya sering melihat semut pada keseharian di pohon atau di rumah yang dapat terhitung jumlahnya. Saya pernah melihat kecoa yang mati di tanah dan kemudian dalam waktu 30 menit semut sudah membawa kecoa tersebut hanya oleh 5 ekot semut saja kecoa sudah tidak ada lagi dari tempat matinya tersebut.

Indra penciuman mereka sangat menakjubkan, ternyata mereka memiliki empat hingga lima kali lipat kemampuan mencium dibandingkan serangga lainnya. Suatu hari saya pernah membuat kesalahan meninggalkan jus di meja tanpa menghabiskannya, dan beberapa saat kemudian telah dikerumuni oleh semut yang membuat saya harus membuangnya.

semut

Hal ini tidak akan lama untuk mengubah jengkel menjadi kebencian. Saya benar-benar jengkel jika melihat semut. Terakhir kali saya membersihkan mereka dari kabel telepon yang mana mereka merayap dari luar masuk ke rumah dan hal tersebut sangat mengganggu bagi saya pribadi.

Ada lebih dari sepuluh spesies berbeda dari semut, sehingga kekuatan mereka bervariasi. Kebanyakan dari mereka dapat membawa benda atau beban tiga kali lipat dari berat badan mereka dan dapat bertahan hidup dibawah air hingga waktu 24 jam. Di Amerika Selatan telah ditemukan sekumpulan semut yang membentuk rakit dan bergerak secara dinamis mengatur rangkaian mereka agar tidak ada yang lama berada di bawah air. Mereka terus bergerak dan membentuk sebuah rakit selama beberapa minggu atau beberapa bulan jika mereka anggap perlu, hingga mereka dapat menemukan tempat yang cocok untuk mendirikan sebuah koloni.

sarang semut

Untuk saya, hal tersbut mendefinisikan bahwa mereka mewakili 10% dari semua jaringan hewan di planet bumi yang memiliki ketangguhan yang besar. Ini adalah fakta bahwa sebagian besar semut menjaga koloni mereka dari pandangan manusia.

Pemenang penghargaan Pulitzer E.O. Wilson adalah seseorang yang lebih dihormati otoritas di dunia semut. Lord of The Ants adalah domumenter yang dibuatnya dan telah menarik banyak perhatian. Saya sangat merekomendasikan anda untuk melihat video tersebut. Dua video ini adalah tentang semut yaitu ANTS – Nature’s Secret Power dan Planet Ant – Life Inside The Colony.

2. Unta

Unta di desain untuk bertahan hidup. Mereka dapat hidup selama enam bulan tanpa makan dan bulanan tanpa air. Lupakan hal yang diajarkan oleh film kartun kepada anda bahwa gundukan pada leher unta adalah mengandung air. Gundukan tersebut benar-benar tidak mengandung air, namun mengandung lemak tubuh. Salah satu alasan mereka dapat bertahan hidup pada suhu tinggi adalah karena mereka memiliki semua lemak pada satu gundukan. Mereka bahkan tidak berkeringat hingga tubuh mereka mencapai 41 derajat celcius.

Mereka bisa mengalami dehidrasi lebih cepat dibandingkan dengan mamalia lainnya. Bisa memibum 30 galon (113 liter) air hanya dalam waktu 13 menit saja. Jika hewan lain mamalia lain minum air dengan cepat, maka hal tersebut akan mencairkan darah mereka dan bisa membunuh mereka sendiri.

Yang pertama adalah unta Dromedary adalah bagian besar dari kehidupan di Saudi dan Timur Tengah. Jadi hal tersebut tidak membuat kita heran ada lebih dari 160 bahasa untuk “unta” dalam bahasa arab.

unta

Yang kedua adalah unta Bactrian yang berada di Asia Tengah adalah hewan yang menarik. Untuk Arab bisa mencapai berat sekitar 600 Kg, sedangkan untuk Bactrian dapat tumbuh hingga memiliki berat badan lebih dari 1.000 Kg. Mereka dapat bertahan dalam kondisi suhu yang sangat dingin dan panas.

3. Kecoa

Kecoak.. Suatu hari mereka akan mewarisi Planet Bumi ini.. atau kurang lebih seperti itulah ceritanya. Setelah bom atom dijatuhkan di Hirosima dan Nagasaki, ilmuan menemukan bahwa kecoa selamat dari ledakan tersebut. Hal ini menyebabkan mitos bahwa kecoa adalah satu-satunya spesies yang bisa bertahan dari dampak perang nuklir. Ini karena telah terbukti dan hal tersebut sekarang menjadi mitos. Dibandingkan dengan serangga lain seperti lalat buah, kumbang, atau tawon, kecoa adalah merupakan hewan pengecut ketika didekati oleh manusia. Namun mereka menangani radiasi hingga sepuluh kali dibandingkan dengan manusia. Hal ini mengesankan dibandingkan dengan vertebrata lainnya.

kecoa

Kecoa dalam bahasa inggris adalah Cockroach yang mana merupakan terjemahan dari nama Spanyol adalah “Cucaracha”, yang berarti “Crazy Bug” dalam bahasa indonesia adalah “Serangga Gila”. Bisa kita bayangkan mengapa mereka memberi nama tersebut, karena hama mereka di antara manusia namun dari 4.500+ spesies kecoa di bumi, hanya 0.7 persen dari mereka yang dianggap ada.

Mereka sebenarnya sangat bermanfaat bagi bumi, setelah menjelajah lebih dari 200 juta tahun (untuk menempatkan ini dalam perspektif, manusia modern telah ada di sini selama sekitar 200 ribu tahun). Sebagai jenis pemulung, kecoa makan lebih banyak dari hal busuk, tetapi ada yang sangat sedikit yang tidak mereka makan seperti lem, kotoran, rokok, kayu, dll.

Sementara mereka dikenal untuk makan apa saja. Mereka bisa tahan tanpa makan selama satu bulan tetapi hanya bisa bertahan satu minggu tanpa air, Mereka tapat bertahan hidup tanpa kepala selama seminggu dan satu-satunya alasan mereka mati adalah tidak dapat mengkonsumsi banyak air.

Kecoa adalah makhluk hidup yang biasa mengelak, yang menyebabkan mengapa sangat susah untuk membunuh dan menangkap mereka ketika mereka menjadi hama dan mengganggu manusia. Mereka dapat bersembunyi di celah-celah kecil yang jauh lebih kecil dari yang anda bayangkan, mereka aktif di malam hari, dan dapat bertahan tanpa udara selama minimal 30 menit. Mereka juga berkembang biak secara cepat dan terampil melindungi telur mereka dari gangguan.

Selamat mencoba untuk menangkap salahsatu dari mereka dengan melakukan kecepatan lebih dari 90 mil per jam. Bahkan mereka bisa menyaingi anda dalam berangkat ke tempat kerja. ha ha.

4. Cacing Planarian

Untuk saat ini saya belum menemukan referensi yang lebih akurat tentang ketahanan lengkap untuk cacing planarian, namun cacing ini sering masuk ke dalama daftar hewan yang paling bertahan. Cacing ini hidup di air asin dan air tawar karena hewan ini memiliki kemampuan untuk meregenerasi bagian dari tubuhnya. Jika anda memotong cacing planaian menjadi dua bagian, maka bagian tubuh yang tidak memiliki kepala akan tumbuh kepala yang berfungsi penuh bersama otak baru. Dan bagian lain akan tumbuh ekor. Ia melakukan regenerasi tersebut dalam waktu 7 sampai 10 hari.

Cacing Planarian

Mereka mampu meregenerasi setiap bagian dari diri mereka sendiri karena memiliki banyak sel induk.. Dalam sebuah penelitianyang berjudul “Stem cells and regeneration in planarians.” mereka menemukan bahwa fragment 1/279 dari hewan yang dapat meregenerasi sepenuhnya dalam beberapa minggu. Hal tersebutlah sebab mengapa mereka diberi naman “Immortal Worms”.

Ilmuan Inggris Dr. Aziz Aboobaker mempublikasikan pideo diatas pada tahun 2008. Kemudian dia melanjutkan video penelitian tersebut dengan video lain (dibawah) yang menggambarkan bagaimana mereka dapat bereproduksi. Dia memotong cacing menjadi beberapa bagian, kemudian potongan tersebut dipotong juga. Cacing tersebut telah berkembang biak menjadi banyak dalam beberapa minggu kemudian. Mereka dapat bereoriduksi dengan cara assexual (meskipun beberapa cacing berkembang biak secara seksual). Ketika cacing tersebut mencapai usia tertentu, cacing akan bermutasi menjadi dua bagian untuk memperbanyak spesies mereka.

Dalam video dibawah ini adalah contoh bagaimana cacing planaria ini berkembangbiak dari awak secara teknis seperti klin dari satu sama lain.

Tidak hanya hal tersebut, cacing planaria ini bisa bertahan dari penuaan, mereka bisa menumbuhkan kembali setiap bagian dari tubuhnya yang mengalami kerusakan jika hal tersebut diperlukan.

5. Ubur Ubur / Turritopsis Nutriculas

Sekitar 700 juta tahun yang lalu, lautan telah ditempati oleh ubur-ubur. Untuk menempatkan hal tersebut dalam perspektif, hal tersebut lebih awal dua klai kehadiran ubur-ubur di planet bumi jika dibandingkan dengan ikan dan serangga yang memiliki tulang dan tiga kali lebih awal dari dinosaurus pertama. Hal ini menunjukan bahwa ubur-ubur adalah hewan tertua di planet bumi. Oleh karena itu sudah sepantasnya hewan ini biasa berada pada daftar hewan yang paling tua dan paling bertahan.

Ubur-ubur spesiesnya ada sekitar 200 lebih. Yang memiliki reputasi yang sangat berbahaya adalah ubur-ubur kotak yang mana mereka juga mempunyai racun yang sangat mematikan dan dapat menyerang dengan mudah, namun untuk ubur-ubur yang paling bertahan kuat adalah jenis Nutricula yang mana sanggup di kedalaman ribuan mil dibawah laut.

Turritopsis Nutriculas

Ubur-ubur ini memiliki ukuran yang sangat kecil yaitu sebesar 5 milimeter lebarnya. Seperti yang anda perkirakan bagaimana kecil mereka di samudra, mereka rentan untuk dimakan oleh binatang lain. Namun, secara teknis mereka seperti cacing planaria yang mampu hidup selamanya. maka mereka diberi nama dengan The Immortal Jellyfish”.

Mereka memperpanjang umur dengan cara yang berbeda dari cacing planaria. Setelah ubur-ubur ini mencapai umur dewasa, mereka kembali menjadi polip dan mulai kehidupan yang baru lagi. Hal tersebut sama seperti kita beranjak menjadi tua sekitar 50 tahun dan kemudian menjadi bayi lagi. Ini mengagumkan.

6. Serangga Tempat Tidur

Serangga tempat tidur menurut saya adalah parasit yang sangat mengerikan, mereka bisa menghisap darah hewan lain dan bahkan darah manusia. Mereka menggunakan zat sejenis obat bius untuk mematikan rasa nyeri host sebelum mereka menghisap banyak darah. Selama 20 tahun terakhir serangga tempat tidur ini telah meningkat populasinya di seluruh dunia. Mungkin anda pada masa lalu telah dihisap darah oleh serangga ini, namun anda tidak mengetahui hal tersebut secara sadar. Banyak orang yang mendapatkan efek dari serangga ini, seperti penglihatan menjadi kabur, letih, lesu, namun banyak juga yang tidak merasakan efek dari gigitan serangga ini.

Kabar baiknya adalah serangga ini tidak menularkan penyakit, namun serangga tempat tidur bisa menghisap darah tiga kali lebih banyak dari ukuran tubuhnya.

Serangga Tempat Tidur

Serangga temoat tidur ini bisa bertahan pada suhu dingin dan panas yang ekstrim. Mereka terus akan mencoba untuk dekat dengan manusia sehingga mereka bisa makan, bahkan jika mereka sedang menyusui akan lebih, karena mereka butuh makanan untuk anak mereka. Sulit untuk menemukan mereka dengan ukuran yang sangat kecil dan mereka bisa berada dimana saja di tempta tidur dan di sofa, sekitar jahitan, dan dalam furnitur. Mereka juga bersembunti di celah-celah dinding tanpa bisa ketahui.

Merka dapat berpindah host tanpa diketahui, bisa dengan menggunakan media seperti tas, dan mereka sangat sulit untuk dimusnahkan. Hal ini menyebabkan mengapa di hotel ada begitu banyak serangga ini.

Para ilmuan masih terus berjuang untuk mencegah penyebaran serangga tempat tidur ini di seluruh dunia, dan masih sepenuhnya belum memahami mengapa jumlah mereka terus meningkat selama beberapa dekade ini.

7. Emperor Penguins

Emperor Penguins atau dalam bahasa indonesia adalah disebut dengan nama Pinguin Kaisar dari Antartika yang terkenal karena lucu dan menggemaskan juga menjadi beberapa daya tarik yang diunggulkan oleh kebun binatang di seluruh dunia,=.

Dalam film dokumenter yang diterbitkan pada tahun 2005 dengan judul March of the Penguins yang berisi tentang betapa sulitnya hewan ini. Film ini fokus pada betapa mengagumkannya penguin dan kebiasaan yang luar biasa menakjubjkan dari pinguin. Setiap tahun penguin dewasa dalam usia bertelur akan melakukan perjalanan lebih dari 60 mil untuk menetaskan telur mereka.

Penguin hanya memiliki satu pasangan. Betina meletakan satu telur dan menggelindingkan ke arah penguin jantan. Pada titik ini, perempuan yang tidak makan selama berbulan-bulan dan menyebabkan mereka kehilangan sepertiga dari berat badan mereka. Dan kemudian dia melakukan perjalanan panjang menuju laut untuk mencari makan.

Pinguin Emperor

Betina tidak kembali selama dua bulan, Selama ini, laki-laki dan kelompok bersama sama dalam kelompok besar mereka untuk mempertahankan panas agar menjaga telur dalam suasana pahangat dibawah mereka. Masing-masing dari mereka bergiliran untuk menghabiskan waktu di tengah-tengah kelompok untuk tetap menghangatkan telur. Teknik ini diperlukan untuk menjaga mereka tetap hangat juga, agar mereka bisa bertahan hidup pada suhu kurang dati 70 derajat celcius.

Pada saat betina kembali, lak-laki belum makan selama empat bulan dan telah kehilangan setengan dari berat badan mereka, Betina kemudian mengambil tanggung jawab atas anak-anak melakukan perjalanan menuju laut untuk mencari makanan.

Pengalaman Pinguin Kaisar yang terburuk di planet bumi ini bahwa di Antartika hanya ada sinar matahari selama empat bulan saja, hal ini berpengaruh terhadap makanan untuk anak-anak mereka di masa mendatang tidak akan ada makanan yang baik. Yang bisa mereka lakukan adalah memakan salju untuk menghasilkan air. Untuk menggambarkan bagaimana buruknya tinggal di Antartika adalah seperti musim dingin yang terjadi.

8. Tikus

Saya baru tahu bahwa tikus merupakan seekor binatang yang dianggap tinggi dalam beberapa budaya, dan bahkan ada diantara mereka yang memelihara sebagai hewan peliharaan, namun meskipun demikian tetap saja saya tidak menyukai mereka. Ketika saya sedang berjalan kembali dari toko selesai belanja saya pernah melihat seekor tikus yang besar, besarnya hingga seekor kucing dewasa,, dan tentu saja yang saya lakukan adalah bergegas lari. Tidak diragukan lagi tikus liar tersebut menjadi subur karena banyaknya sampah yang banyak orang tinggalkan atau dibuang secara sembarang.

Yang tidak saya suka dengan tikus adalah fakta bahwa mereka menyebarkan penyakit. Tikus hitam menyebarkan penyakit hingga menyebabkan kematian selama abad pertengahan dan mengakibatkan jutaan orang meninggal dalam wabah tersebut.

tikus liar

Walaupun saya tidak menyukai tikus, namun saya mengetahui dan menghargai mereka akan apa yang mereka lakukan. Dengan indra penciuman mereka yang menakjubkan dan didukung dengan pendengaran yang tajam, mereka terlahir menjadi pemulung yang dapat beradaptasi pada kondisi bagaimanapun.

Prevalensi mereka di seluruh dunia adalah karena sanitasi yang buruk pada kota-kota besar, didukung juga dengan kemampuan bertahan hidup mereka sendiri sudah kuat secara alami. Mereka bisa bertahan lebih lama tanpa air, dibandingkan dengan unta dan dapat selamat dari jatuh hingga ketinggian 15 meter dan berlari lagi tanpa mendapatkan cedera. Mereka juga memiliki memori yang luar biasa dan dikenal untuk mengingat rute dan lokasi bahkan jika kejadiannya satu tahun yang lalu. YAng menakutkan adalah tikus mengunyah dan menggigit apapun seperti kayu, logam, betin, dll.

Mereka merupakan hama yang mengerikan di kota. Ada pepatah umum bahwa ada lebih banyak tikus di New York daripada orang. Pepatah itu benar, sangat benar. Diperkirakan tikus ada lima kali lebih banyak dibandingkan dengan orang di New York.

9. Arctica Islandica

Binatang ini lebih dikenal sebagai “Ocean Quahogs”, Arctica Islandica adalah jenis kerang yang ditemukan di Samudra Atlantik Utara, Mereka telah resmi merupakan binatang yang berumur panjang di planet bumi, University of Wales menemukan satu kerang yang berumur 50 tahun.

Arctica Islandica

10. Tardigrades

Yang terakhir dalam daftar hewan yang paling tangguh ini adalah Tardigrada, bisa dibilang binatang ini yang paling tangguh di Bumi. Makhluk kecil berkaki delapan ini sulit sekali ditemukan. Binatang ini kadang disebut sebagai beruang air, Tradigrada dapat bertahan hidup dengan suhu deka -273 derajat celcius (nol mutlak) dan dapat bertahan dalam kondisi panas lebih dari 150 derajat celcius. Mereka dapat menahan radiasi 1.000 kali dibandingkan dengan manusiadan bahkan mereka dapat bertahan hidup di ruang angkasa. Mereka juga bisa bertahan dari 6 kali tekanan di bagian terdalam dari laut.

Tardigrades

Tardigrada telah ditemukan dan dapat bertahan hidup dalam 100 tahun tanpa air, Mereka mengatasi ini dengan cara menyusutkan diri sekitar sepertiga dari ukuran mereka sebenarnya.

Ketika datang tekanan, Tridigrata berada diatas pohon. Tidak ada hewan lain yang datang mendekat.

Saya harap anda menikmati artikel ini. Jika anda memiliki referensi lain tentang hewan yang tangguh, silahkan jangan ragu untuk menambahkan hal tersebut pada kolom komentar dan biarkan saya mengetahui hal tersebut jika memang saya melewatkannya.

Terima kasih sudah membaca.

Andi Astina.

Dapatkan Tips SEO Terbaik Kami!

Daftar untuk mendapatkan trik & teknik SEO untuk kalahkan saingan!.

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Ikhtisar Ulasan
Reviews
Seorang blogger dan Internet marketer yang sudah gila dengan wordpress. Juga menjalani profesi sebagai Freelancer menulis artikel di blog dan panduan untuk produk digital atau software & Copywriter.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan