3 Halaman Penting yang Wajib Ada di Website Toko Online

Bisnis menjadi terkenal dan produk yang dijual diminati banyak orang adalah capaian yang didambakan oleh para pengusaha. Baik dalam skala usaha kecil hingga menengah ke atas, menghasilkan omset yang melimpah juga termasuk misi dari setiap pebisnis. Tidak terkecuali mereka yang menjalankan bisnis melalui toko online berbasis hosting Indonesia.

Dapatkan Tips SEO Terbaik Kami!

Daftar untuk mendapatkan trik & teknik SEO untuk kalahkan saingan!.

I agree to have my personal information transfered to GetResponse ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Pada era digital seperti ini, misalnya, kenyataan bahwa akan lebih banyak orang beralih ke toko online sebagai media pemasaran produk yang akan dijual tidak bisa dipungkiri lagi. Dengan banyaknya penyedia jasa web dan berbagai tutorial cara membuat blog, pengelolaan toko online pun jadi semakin mudah.

Baca juga: Cara untuk memulai bisnis secara online

Namun, proses pengelolaan dari sebuah website toko online tidak berhenti pada langkah install WordPress saja. Ada berbagai proses lanjutan yang perlu dilakukan apabila Anda ingin mengoptimalkan fungsi dari WordPress yang sudah diinstall. Penambahan halaman-halaman penting di dalamnya pun termasuk dalam proses yang tidak boleh Anda lewatkan.

Lalu kalau memang tidak boleh terlewat, halaman apa saja yang harus ada di sebuah toko online. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai 3 halaman penting yang wajib ada di website toko online yang Anda kelola.

Tambahkan Informasi Seputar Brand pada Halaman “About Us”

Sebelum mengenalkan berbagai produk yang dijual pada toko online Anda, sangat wajib bagi Anda untuk memperkenalkan brand yang Anda miliki dan diri Anda sebagai pemiliknya. Tanpa adanya informasi seputar brand, akan sulit bagi para pelanggan yang berkunjung untuk mendeteksi, apakah toko online Anda kredibel atau tidak.

Maka, sudah menjadi hal yang mutlak bagi para pemilik toko online untuk menambahkan halaman “About Us”. Mengapa halaman ini menjadi poin utama dari semua halaman yang harus ditambahkan dalam sebuah website toko online? Jawabannya ada pada urgensi ketersediaan informasi mengenai usaha seperti apa yang Anda jalankan.

Baca juga: Webmaster Resources dan Web Develover Tools

Tidak perlu terlalu panjang lebar dalam menjelaskan usaha yang sedang Anda jalani saat ini pada halaman tersebut. Sebuah penjelasan singkat mengenai latar belakang usaha dan visi misi Anda dalam menjalankannya sudah cukup mewakili citra brand Anda.

Agar para calon pelanggan mampu menjangkau website toko online Anda lebih mudah melalui mesin pencarian, jangan lupa untuk memaksimalkan info mengenai brand Anda dengan kata kunci terkait produk yang dijual. Jika Anda menjual sepatu lukis, tambahkan kata kunci seperti “jasa lukis sepatu” atau “sepatu lukis murah” di halaman About Us.

Halaman “Contact Us” yang Mempermudah Pelanggan untuk Mengontak Anda

Selain deskripsi mengenai brand Anda, sertakan juga informasi mengenai lokasi alamat toko atau offline store dari toko online Anda. Dengan membubuhkan embed maps di website, Anda akan mempermudah para pelanggan yang ingin berkunjung langsung untuk melihat sekaligus membeli produk yang Anda jual.

Inilah salah satu elemen yang perlu Anda sertakan pada halaman “Contact Us”. Di samping alamat toko, sertakan juga formulir yang bisa diisi pelanggan. Formulir ini berupa informasi seputar nama, alamat, dan pesan yang ingin disampaikan pelanggan kepada pengelola toko online atau Anda sebagai pemiliknya.

Baca juga: Apa Itu SEO / Search Engine Optimization?

Selain formulir yang diperuntukkan bagi para pelanggan yang berkunjung, Anda juga harus menambahkan informasi berupa email, nomor telepon, dan kontak lain yang bisa dihubungi. Sertakan juga media sosial seperti Facebook, Instagram, maupun Twitter yang dapat dijangkau dengan mudah oleh para pelanggan Anda.

Dengan beberapa informasi tersebut, secara langsung Anda akan mempermudah para pelanggan untuk menghubungi Anda dan mencari tahu lebih lanjut mengenai produk yang mereka minati. Tanpa adanya halaman “Contact Us”, akan sulit bagi pelanggan untuk memastikan informasi, seperti ketersediaan barang yang diinginkan.

Sertakan Halaman “Frequently Asked Questions” atau FAQ untuk Informasi Tambahan

Informasi mengenai brand dan juga kontak yang bisa dihubungi sudah ditambahkan. Halaman berikutnya yang harus ada pada website toko online Anda adalah halaman FAQ atau Frequently Asked Questions.

Pada halaman ini, pihak pengelola website toko online dapat menyertakan berbagai pertanyaan yang biasa didapat dari pelanggan. Sehingga informasi tambahan yang dicantumkan di dalamnya memang yang tidak tersedia pada halaman “About Us” ataupun deskripsi produk. Jenis pertanyaannya pun sering bersifat repetitif atau ditanyakan berulang kali.

Repot rasanya, apabila sebagai pemilik toko online, Anda harus menjawab banyak pertanyaan tersebut hingga berkali-kali. Dengan adanya halaman FAQ, Anda bisa langsung mengarahakan pelanggan untuk mengakses hal-hal terkait pertanyaan yang diajukan, utamanya mengenai produk yang Anda jual.

Baca juga: Software SEO Terbaik & Software Internet Marketing

Jika Anda menjalankan bisnis sepatu lukis dan menawarkan service kostumisasi sepatu, tidak menutup kemungkin bagi para pelanggan Anda untuk menanyakan hal-hal terkait jenis sepatu, motif, warna, hingga berapa lama proses penyelesaian pesanan Anda. Untuk itu, sertakan berbagai jenis tipe pertanyaan seperti berikut:

  1. Bagaimana cara mengukur sepatu yang pas untuk saya?
  2. Apakah saya bisa memilih jenis sepatu yang saya inginkan?
  3. Di mana saya bisa mencoba langsung sepatu lukis yang sudah dibuat?
  4. Berapa lama proses penyelesaian sepatu yang saya pesan?
  5. Apa jenis jasa pengiriman yang tersedia atau digunakan?

Semakin banyak pertanyaan serupa yang bisa Anda jawab melalui halaman FAQ, para pelanggan juga akan semakin terbantu dengan informasi tambahan yang disediakan. Hal ini tentu juga akan meminimalisir pertanyaan tersebut terjadi berulang kali dan pelanggan pun akan lebih cepat memutuskan untuk membeli produk yang tersedia di toko online Anda.

Kesimpulan

Membuat website toko online memang bukanlah proses akhir dari sebuah usaha menjalankan bisnis yang Anda kelola. Ada lebih banyak proses yang perlu Anda lakukan, seperti menambahkan tiga halaman di atas.

Halaman-halaman tersebut nantinya akan membantu Anda untuk mengarahkan para pelanggan dengan lebih efektif melalui informasi yang disediakan. Dengan adanya tiga halaman seperti About Us, Contact Us, dan Frequently Asked Questions (FAQ), toko online Anda juga akan dijangkau dengan lebih mudah. Selamat berbisnis online!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here