Pada saat melakukan disavow backlink negatif pada website anda jangan sampai kehilangan ranking website pada google atau mesin pencari lain yang membuat bisnis anda terpuruk dan kehilangan semua ranking website top level domain anda.

Ketika sedang bersemangat untuk melakukan disavow backlink pada Google Webmaster Tools atau Tools mesin pencari lain, utamakan untuk berhati-hati untuk meninjau berkas backlink website anda agar memastikan bahwa domain yang kuat memberikan backlink negatif telah anda tambahkan.

Melakukan disavow negative backlink adalah cara untuk menghilankan backlink buruk atau tidak berkualitas dan tidak relevan dengan konten website anda pada kali ini saya akan menjelaskan hal tersebut pada webmaster tools besutan google agar website anda tidak terlihat spam pada saat di optimasi atau di ranking pada mesin pencari tersebut.

Jika anda mempunyai website yang memiliki link yang tidak wajar, penting bagi anda untuk benar-benar melakukan analisis pada setiap link, dan menentukan mana link yang tidak wajar dan kemudian anda bisa benar-benar mengambil tindakan.

Hal tersebut termasuk untuk menghapus link yang jika memungkinkan tidak bisa anda dapatkan dengan cara manual atau anda melakukan analisis backlink dengan menggunakan software gratis untuk menganalisis backlink atau menggunakan tools seo premium seperti SEO SpyGlass atau software SEO lain yang bisa melakukan anda melakukan hal tersebut.

Salah satu hal yang berbahaya adalah anda salah menambahkan domain atau menambahkan domain yang salah ke file yang akan anda disavow. Misalnya menambahkan domain yang memberikan anda kekuatan dan dilakukan secara alami dalam melakukan link building, kemudian anda memasukan domain tersebut ke file yang akan di disavow langsung ke domain utama.

Dalam pengalaman saya dalam melakukan disavow backlink negatif biasanya wajar untuk mendapatkan reaksi spontan untuk langsung meng-kategorikan link yang tidak wajar dan telah memberikan efek parah kepada website. Karena file yang akan di disavow adalah tersmbunyi dan mereka bisa terlupakan dan tidak bisa ditemukan dan dapat menyeret kebawah akan kinerja SEO yang kita lakukan dalam jangka panjang.

disavow backlink

Masalah Pada Saat Disavow Backlink Negatif

Dalam tiga proyek terakhir saya telah menganalis website bagi perusahaan besar yang berbeda dan mereka benar-benar memiliki masalah serius dengan backlink website mereka yang berdampak negatif bagi domain. Pada dasarnya, ada domain yang di tambahkan ke dalam disavow yang mana seharusnya mereka tidak ditambahkan pada tempat tersebut.

Domain yang telah di disavow sayangnya termasuk beberapa website yang sangat terkenal dan kuat. Sebenarnya, beberapa situs yang paling kuat di website yang sedang di disavow pada tingkat domain utama, misalnya nytimes.com, forbes.com, techcrunch.com, dll. Saya bahkan melihat beberapa website jejaring sosial juga ada pada file tersebut seperti twitter.com, plus.google.com, facebook.com, dll.

Sekali lagi, ini bukan hanya salah satu contoh. Saya pernah melihat hal ini terjadi beberapa kali pada saat membantu menganalisis website perusahaan dalam kinerja SEO mereka dan masih berjalan pada saat ini. Pada dasarnya, samurai mereka telah berubah menjadi shotgun yang meledak di tangan mereka.

Cara Menghindari Disavow Backlink Salah Domain

Beberapa dari anda mungkin sekarang gugup untuk melakukan disavow untuk website anda setelah membaca paparan saya diatas. Saya benar benar ingin membantu anda untuk membantu meningkatkan ranking website anda pada mesin pencari dan saya menjamin saya menguasai hal tersebut.

Dibawah ini akan saya listing beberapa hal yang dapat anda lakukan mulai dari sekarang untuk memahami kualitas domain backlink yang anda buat dalam daftar file yang akan di disavow.

Dalam melakukah hal tersebut, mungkin akan ada domain yang akan mudah untuk di identifikasi dan mereka mempunyai kualitas tinggi, dan ini harus dihapus dari daftar pada file disapow anda, lakukan hal ini ASAP. Untuk domain yang tersisa, teknik seo atau taktik yang tercantum dibawah ini dapat membantu anda untuk membuat keputusan yang cerdas tentang domain mana yang akan anda disavow dan mana yang akan anda tetap biarkan untuk terus memberikan backlink untuk memperkuat website anda.

Untuk memperjelas hal inim saya mengacu pada penggunakan domain langsung pada file disavow anda. Jika anda men-disavow link tertentu dalam file disavow anda pada tingkat URL, maka resiko anda akan berkurang. Tetapi jika anda melakukan disavow pada seluruh domain atau domain utama, maka anda harus melakukan proses dibawah ini.

1. Remove Versus Disavow

Yang pertama adalah rekomendasi saya agar mencoba untuk menghapus link yang menyinggung sebelum anda lebih lanjut ke alat untuk melakukan disavow. Jika anda menemukan link yang tidak wajar dan dapat menghapusnya baik mereka dengan otomatis turun sendiri atau anda melakukan oleh webmaster dan anda meyakinkan webmaster untuk melakukan hal tersebut, maka anda tidak harus berususan dengan disavow backlink file sama sekali. Ini berarti anda akan membuat keputusan tentang disavow pada tingkat URL dan lanjut ke tingkat domain.

Saya mengakui bahwa hal tersebut bukanlah langkah mudah untuk melakukan disavow backlink, tapi saya selalu merekomendasikan anda melakukan apa yang bisa anda lakukan.

2. Kembalikan Link Tidak Bersalah

Ketika kita meninjau domain saat ini dalam file yang akan dilakukan disavow, urutkan positif palsu yang jelas. Tandai domain-domain yang sangat kuat dan sah sebagai domain yang aman untuk website sehingga anda dapat kembali menghapus mereka dari file disavow anda. Contoh domain yang kuat seperti sebelumnya adalah nytimes.com, forbes.com, techcrunch.com dan situs lain yang mempunyai otoritas tinggi serupa dalam kategori domain tersebut internasional dan terpercaya.

Jika anda menemukan link yang tidak wajar pada domain yang kuat, lantas anda menghubungi webmaster dan meminta untuk menghapus mereka dari file tersebut. Jika link tersebut tidak dapat dihapus, maka disavow tingkat URL. Jangan melakukan disavow domain utama yang memberikan kekuatan untuk website.

Catatan: Untuk mengakses file disavow terbaru yang telah anda berikan, kunjungi link halaman disavow di Google Webmaster Tools, kemudian Klik “Disavow Link.” dam kemudian download file tersebut.

cara disavow backlink

Selain itu, anda juga harus menyoroti dan mengutamakan jejaring sosial besar seperti twitter.com, facebook.com, plus.google.com, dll agar anda menghapus domain tersebut atau jejaring sosial utama yang harus dihapus dari file disavow anda. bahkan jika mereka mempunyai sebagian besar link nofollow anda harus melepaskan mereka dari file disavow.

Setelah anda melakukan hal tersebut, kirimkan kembali berkas file disavow anda ke Google Webmaster Tools. Bahkan Matt Cutts pernah menjelaskan bahwa hal itu dapat memakan waktu cukup lama bagi Google untuk memproses ulang link berdasarkan penghapusan dari file disavow, jadi bersabarlah. Tapi anda harus terus mendapatkan domain yang tepat dalam link disavow anda. Sehingga membuat perubahan sesegera mungkin.

Best Regards,
Andi Astina.

Dapatkan Tips SEO Terbaik Kami!

Daftar untuk mendapatkan trik & teknik SEO untuk kalahkan saingan!.

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan