Plugin WordPress Untuk Optimasi Gambar

Kecepatan loading halaman website sangatlah penting bagi seorang webmaster atau orang yang memiliki website. Baik itu website untuk blog pribadi ataupun website komersil.

Terkadang orang yang mengunjungi website mendapatkan suatu kejenuhan dengan lama menunggu loading website tersebut. Di Amerika beberapa riset menunjukan dan hasil survey yang menunjukan bahwa masyarakat tidak bisa menunggu lama pada saat membuka halaman website yang loadingnya lebih dari empar detik. Saya rasa di Indonesia sendiri, orang sudah biasa untuk menunggu loading halaman website dan didasari dengan beberapa hal seperti kualitas koneksi yang buruk atau sangat memerlukan informasi dari website tersebut.

Namun penyebab waktu lama loading halaman website bukan hanya masalah koneksi internet yang buruk saja, hal tersebut juga bisa disebabkan oleh kualitas server yang buruk yang digunakan untuk membuat website itu berjalan.

Beberapa Plugin WordPress Untuk Optimasi Gambar

Server untuk website, atau biasa disebut dengan webhosting yang beredaran di pasaran sekarang memang banyak yang menyediakan harga murah untuk paket harga shared server murah dari Rp. 1000,- perbulan hingga webhosting paket bisnis Rp. 900.000,- perbulannya. Itu bisa digunakan untuk blog pribadi saja menurut opini saya karena biasa dibatasi dengan fitur server yang diberikan oleh layanan penyedia server bersangkutan.

Jika anda mempunyai website untuk tujuan serius dan dengan tujuan komersil, maka saya sarankan untuk menggunakan server yang lebih bagus dari jenis paketnya. Seperti Virtual Private Server dan atau jika anda mempunyai uang lebih bisa menyewa Dedicated Server. Memang harga Virtual Peivate Server akan lebih tinggi dan ditambah kita harus mempunyai kemampuan khusus dala mengelola server. Dari mulai memasang webserver, database, dll. Saya sendiri untuk beberapa proyek dan layanan yang Sundae Studio keluarkan menggunakan VPS dengan paket standar saja. karena untuk saat ini sudah bisa menangani aktifitas dari website dan pengguna ataupun hanya yang mengunjungi website tersebut.

Jika anda mempunyai website dengan menggunakan CMS WordPress sebagai basis yang menjalanjan website anda bisa meningkatkan loading website dengan menggunakan beberapa plugin yang gratis dan sangat berkualitas. Ini akan memberikan solusi kepada anda untuk meningkatkan kinerja website tanpa harus mengupgrade server dan mengeluarkan biaya lagi.

Mengapa saya menyarankan untuk mengkompres gambar utnuk membuat website cepat, karena dengan file gambar yang kecil maka akan mengurangi kinerja server dan menjadikan website anda loadingnya menjadi cepat. Ini adalah salahsatu alternatif untuk mgoptimasi.

Menggunakan Apps & Tools Pada Windows

Sebelum anda mengupload gambar tentunya bisa mengkompres gambar tersebut dengan menggunakan aplikasi yang bisa melakukan tugas seperti itu. Seperti aplikasi pengeditan foto Photoshop, atau jika anda ingin mengkompres gambar & foto secara masal anda bisa menggunakan Adobe Fireworks dan tools bawaan dari Windows sendiri yaitu MS Office Picture Manager. Namun tentu saja jika anda tidak sempat untuk menggunakan tool tersebut dan anda tidak sabar untuk mengupload gambar pada website WordPress anda bisa menggunakan plugin yang bisa mengoptimasi gambar pada saat upload ke server dan media gambar yang sudah diupload dengan mudah bisa mengoptimasi website anda secara mudah.

Plugin WordPress WP Smush,it

Plugin ini bekerja untuk mengkompres gambar pada website anda yang akan membantu meningkatkan kualitas loading website dengan menggunakan layanan Yahoo Smush.it yang memberikan layanan online untuk mengkompres gambar secara online dan anda bisa melakukannya secara masal.

WP Smush,it

Plugin yang dibuat oleh wpmudev ini akan membantu loading website WordPress kita dengan cara mengkompress gambar pada saat upload. Jika anda sudah mempunyai gambar pada direktori media WordPress anda dengan mudah bisa mengkompres gambar tersebut juga dengan cara mudah, bahkan dengan sekali klik saja.

Keuntungan yang akan anda dapatkan dengan menggunakan plugin WP Smush.itdiantaranya adalah:

  • Mengoptimasi gambar dengan mengkompres JPEG
  • Mengoptimasi dan mengupas meta data dari gambar JPEG
  • Mengkonversi gambar GIF menjadi PNG
  • Mengoptimasi warna gambar yang tidak digunakan
  • Dan lainnya. Cek fitur keren lainnya cek di Plugin Directory WordPress.

Cara kerja dari plugin ini otomatis untuk mengkompres gambar yang diupload atau pada direktori media secara mudah dan tanpa memberatkan kinerja server yang digunakan.

Pugin EWWW Image Optimizer

Plugin ini yang saya gunakan untuk mengoptimasikan gambar di semua website wordpress yang saya tangani. Namun plugin EWWW Image Optimizer ini khusus bagi anda yang menggunakan server VPS dan diatasnya, karena membutuhkan beberapa module server yang harus diinstal seperti optipng, jpegtran, giftsicle, memcache, dan module server lainnya.

EWWW Image Optimizer

Kualitas terbaik adalah opini yang bisa saya berikan kepada plugin ini karena dengan mudah untuk mengkompres gambar pada media. Bahkan plugin ini bisa mengoptimasi gambar pada template yang dipakai dan library lainnya dengan hanya satu kali klik saja.

Keuntungan menggunakan EWWW Image Optimizer adalah diantaranya:

  • Kompres gambar pada saat upload
  • Kompres gambar di media library
  • Kompres gambar template
  • Konversi JPEG ke PNG
  • Konversi GGIF ke PNG
  • Konversi gambar yang tidak digunakan
  • Fan fitur keren lainnya cek di Plugin Directory WordPress.
Untuk anda yang menggunakan website WordPress pada VPS saya smerekomendasikan Plugin ini untuk diinstal agar meningkatkan waktu loading halaman webite anda.

Plugin jQuery Image Lazy Load WP

Berbeda dengan kedua plugin yang saya share diatas, Plugin ini adalah untuk meringankan loading website dengan menyimpan gambar yang tidak tampil di layar dan dengan loading yang bertahap. Metode ini dengan menggunakan teknologi jQuery, jika ingin mengetahui banyak tentang jQuery silahkan anda mengetahui informasi dan bisa mempelajarinya disini.

jQuery Image Lazy Load WP

Jika anda ingin membuat loading website WordPress anda dengan menggunakan jQuery silahkan menggunakan plugin ini. Disebut Image Lazy Load karena pada saat orang mengunjungi atau membuk halaman website anda yang banyak atau penuh dengan gambar, plugin ini akan meload gambar anda secara bertahap tergantung gambar mana yang tampil di layar pengguna/pengunjung website. Dengan begitu, bisa meminimalkan kinerja server dan membuatnya ringan karena gambar tidak sekaligus di load pada halaman website yang diakses.
Kesimpulan

  • Jika anda menggunakan shared server, gunakan WP Smush.it. Karena plugin ini menggunakan layanan dari Yahoo Smush.it yang berarti anda tidak usah mempunyai kapasitas yang besar.
  • Lebih bagus menggunakan EWWW Image Optimizer pada VPS dan diatasnya. Karena plugin ini menjalankan aktifitas pengkompresan pada server sendiri. berbeda dengan WP Smush.it yang dikembangkan oleh wpmudev.
  • Plugin jQuery Image Lazy Load WP tidak bekerja mengkompres file media atau gambar, namun memberikan optimasi di website dengan cara membiarkan gambar lainnya yang tidak diinginkan oleh pengunjung untuk menunggu. Ini akan meringankan kinerja server dan menpercepat loading website.

Anda punya cara lain atau memiliki pandangan berbeda tentang Plugin WordPress Untuk Optimasi Gambar dengan saya?. Biarkan saya untuk mengetahui pemikiran anda dengan cara menuliskan informasi yang anda punya di kotak komentar di bawah dari postingan ini.

Dapatkan Tips SEO Terbaik Kami!

Daftar untuk mendapatkan trik & teknik SEO untuk kalahkan saingan!.

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Ikhtisar Ulasan
Review
Seorang blogger dan Internet marketer yang sudah gila dengan wordpress. Juga menjalani profesi sebagai Freelancer menulis artikel di blog dan panduan untuk produk digital atau software & Copywriter.

3 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan